Perkembangan TIK dalam dunia masyarakat dan pendidikan di SD

Perkembangan TIK dalam dunia masyarakat dan pendidikan di SD
Pengertian TIK dalam Pendidikan
Dalam pembelajaran abad-21 ini, guru dituntut untuk mampu menggunakan TIK sebagai sumber belajar, salah satunya dengan menggunakan akses internet. Internet merupakan sumber informasi yang tak terbatas (Slamet, 2009). Teknologi komunikasi yang terus mengalami kemajuan akan mempengaruhi pola komunikasi masyarakat nantinya (Sudarwan, 2010). Sering berkembangan zaman teknologi semakin canggih. Semuanya sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Daniel (2012), teknologi, informasi, dan komunikasi, atau ICT adalah suatu kombinasi antara teknologi informatika dan teknologi komunikasi. TIK adalah alat untuk mendapatkan nilai tambah dalam menghasilkan suatu informasi yang cepat, lengkap, akurat, transfaran dan mutakhir (Munir, 2009).
Beberapa jenis TIK yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah komputer (PC), laptop, printer, LCD projector, internet, intranet, dan lain-lain. Namun sebenarnya, televisi, radio, dan handphone juga termasuk ke dalam perangkat TIK. TIK terdiri dari hardware dan software. Hardware atau perangkat keras adalah segala sesuatu peralatan teknologi yang berupa fisik yang bisa disentuh. Software atau perangkat lunak adalah sistem yang dapat menjalankan atau yang berjalan dalam perangkat keras tersebut. Software dapat berupa operating system (OS), aplikasi, ataupun konten (Sudirman, 2009).
Sejak tahun 2000 UNESCO telah mendukung sekolah dasar dan menengah untuk menggunakan TIK, dengan menerbitkan berbagai buku mengenai TIK (John, 2012). Menururt Munir (2009), paradigma yang mendasari integrasi TIK dalam pendidikan adalah: 1) ICT as a Tools atau TIK sebagai alat-alat teknologi yang dapat djadikan sebagai pelaku dalam pendidikan; 2) ICT as a Content atau TIK sebagai bagian dari materi; 3) ICT as program aplication atau TIK sebagai alat bantu untuk mengumpulkan, mengelola, menyimpan, menyelidiki, membuktikan dan menyebarkan informasi penting secara efektif dan efisien. Pendidikan di Indonesia semuanya sudah tidak jauh dari teknologi. Oleh karena itu, sekarang teknologi sudah menjadi alat untuk menyampaikan pembelajaran demi tercapainya pendidikan.
Fadli (2009) mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. “Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.” (Sanjaya, 1995). Internet juga sangat berperan dalam pendidikan semua buku, semua pembelajara di internet sudah di sediakan oleh sebab itu jaringan internet mempunyai peran untuk mensukseskan suatu proses pembelajaran.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Beberapa dampak positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan, antara lain:
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
  5. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  6. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  7. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain.

Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari Teknologi Informasi da Komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain :
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
  4. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
  5. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
  6. Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
  7. Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.
Dari dampak negati dan positif di atas bahwa teknologi tidaklah baik apabila di gunakan dengan tidak baik dan apabila digunakan dengan baik akan menghasilkan yang baik. Oleh sebab itu pendidikan TIK di indonesia penting demi menyadarkan seseorang agar menggunakan suatu teknologi dengan baik.

Daftar pustaka
Restiyani Yusi, dkk, 2014. PROFIL PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN OLEH GURU BIOLOGI. Pada tanggal 12 maret 2018

Sujoko. 2013.Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Pada tanggal 12 maret 2018

http://e-definisi.blogspot.co.id/2016/10/dampak-positif-dan-negatif-it-di-bidang_67.html

Komentar

  1. No merit casino - Deccasino
    No merit casino | No chance 카지노사이트 | No 메리트카지노총판 win | Only for our Сustomers | Best casino in Australia. Sign up 메리트 카지노 here and enjoy our amazing casino offers for

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembuatan Miniatur vespa