Perkembangan TIK dalam dunia masyarakat dan pendidikan di SD
Perkembangan TIK dalam dunia
masyarakat dan pendidikan di SD
Pengertian
TIK dalam Pendidikan
Dalam
pembelajaran abad-21 ini, guru dituntut untuk mampu menggunakan TIK sebagai
sumber belajar, salah satunya dengan menggunakan akses internet. Internet merupakan
sumber informasi yang tak terbatas (Slamet, 2009). Teknologi komunikasi yang
terus mengalami kemajuan akan mempengaruhi pola komunikasi masyarakat nantinya
(Sudarwan, 2010). Sering berkembangan zaman teknologi semakin canggih. Semuanya
sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Daniel (2012),
teknologi, informasi, dan komunikasi, atau ICT adalah suatu kombinasi antara
teknologi informatika dan teknologi komunikasi. TIK adalah alat untuk
mendapatkan nilai tambah dalam menghasilkan suatu informasi yang cepat,
lengkap, akurat, transfaran dan mutakhir (Munir, 2009).
Beberapa
jenis TIK yang paling sering diketahui oleh masyarakat umum adalah komputer
(PC), laptop, printer, LCD projector, internet, intranet, dan lain-lain.
Namun sebenarnya, televisi, radio, dan handphone juga termasuk ke dalam
perangkat TIK. TIK terdiri dari hardware dan software. Hardware
atau perangkat keras adalah segala sesuatu peralatan teknologi yang berupa
fisik yang bisa disentuh. Software atau perangkat lunak adalah sistem
yang dapat menjalankan atau yang berjalan dalam perangkat keras tersebut. Software
dapat berupa operating system (OS), aplikasi, ataupun konten
(Sudirman, 2009).
Sejak
tahun 2000 UNESCO telah mendukung sekolah dasar dan menengah untuk menggunakan
TIK, dengan menerbitkan berbagai buku mengenai TIK (John, 2012). Menururt Munir
(2009), paradigma yang mendasari integrasi TIK dalam pendidikan adalah: 1) ICT
as a Tools atau TIK sebagai alat-alat teknologi yang dapat djadikan sebagai
pelaku dalam pendidikan; 2) ICT as a Content atau TIK sebagai bagian
dari materi; 3) ICT as program aplication atau TIK sebagai alat bantu
untuk mengumpulkan, mengelola, menyimpan, menyelidiki, membuktikan dan
menyebarkan informasi penting secara efektif dan efisien. Pendidikan di
Indonesia semuanya sudah tidak jauh dari teknologi. Oleh karena itu, sekarang
teknologi sudah menjadi alat untuk menyampaikan pembelajaran demi tercapainya
pendidikan.
Fadli
(2009) mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung
ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. “Internet
adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan
pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia,
sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat
diperoleh melalui jaringan ini.” (Sanjaya, 1995). Internet juga sangat berperan
dalam pendidikan semua buku, semua pembelajara di internet sudah di sediakan
oleh sebab itu jaringan internet mempunyai peran untuk mensukseskan suatu
proses pembelajaran.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di
Bidang Pendidikan
Beberapa
dampak positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan,
antara lain:
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan
mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang
dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses
pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya
kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak
mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada sebuah lembaga
pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
- Munculnya media massa, khususnya media elektronik
sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
- Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru,
yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan
teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami
materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan
teknologi bisa dibuat abstrak.
- Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap
muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus
mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos,
internet dan lain-lain.
Dampak Negatif Teknologi
Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan
Beberapa
dampak negatif yang ditimbulkan dari Teknologi Informasi da Komunikasi dalam
bidang pendidikan antara lain :
- Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah
terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat
plagiatis akan melakukan kecurangan.
- Walaupun sistem administrasi suatu lembaga
pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi
suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
- Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih
anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang
singkat (short span of attention).
- Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes
inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses
melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah tes psikologi
yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus
berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
- Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang
tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di
bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi
tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang
tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
- Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana
satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload,
tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke
digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
- Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya
untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang
melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.
Dari dampak negati dan positif di atas
bahwa teknologi tidaklah baik apabila di gunakan dengan tidak baik dan apabila
digunakan dengan baik akan menghasilkan yang baik. Oleh sebab itu pendidikan
TIK di indonesia penting demi menyadarkan seseorang agar menggunakan suatu
teknologi dengan baik.
Daftar pustaka
Restiyani Yusi,
dkk, 2014. PROFIL PEMANFAATAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN OLEH GURU
BIOLOGI. Pada tanggal 12 maret 2018
Sujoko. 2013.Pemanfaatan Teknologi Informasi
dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri 1 Geger Madiun. Pada
tanggal 12 maret 2018
http://e-definisi.blogspot.co.id/2016/10/dampak-positif-dan-negatif-it-di-bidang_67.html
No merit casino - Deccasino
BalasHapusNo merit casino | No chance 카지노사이트 | No 메리트카지노총판 win | Only for our Сustomers | Best casino in Australia. Sign up 메리트 카지노 here and enjoy our amazing casino offers for